We Are: Home | About Us | Contact | Site Map | Archieve

Pemasaran (marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu barang atau jasa untuk pemuas kebutuhan. Sedangkan jasa berarti aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Dijelaskan juga perbedaan antara need (kebutuhan) dan wants (keinginan). Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan makhluk hidup dalam menjalankan aktivitas-aktivitas dan alasan berusaha. Sedangkan keinginan adalah kebutuhan tetapi belum tentu dibutuhkan dan sifatnya sementara.
Berikut beberapa konsep Manajemen Pemasaran
1. Value
2. Satisfaction
3. Exchange
4. Quality
5. Transaction
6. Relationship

Adapun beberapa Filosofi manajemen Pemasaran
1. Production concept
2. Product Concept
3. Selling Concept
4. Marketing Concept
5. Societal Marketing Concept

KONSEP DASAR JASA Jasa adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan interaksi dengan konsumen dan barang-barang tetapi tidak menghasilkan perpindahan kepemilikan.
1. Abstrak
2. Inseparibility
3. Variabilty
4. Perishability

Ada enam karakteristik jasa yang perlu diperhatikan oleh penyedia jasa yaitu:
a. Intangibility (tidak nampak),
b. Perishability (tidak dapat disimpan),
c. Heteroginity (bervariasi),
d. Inseparability (tidak dapat dipisahkan antara produksi dan konsumsi),
e. People based (sangat tergantung pada kinerja karyawan) dan
f. Contact customer (hubungan dengan konsumen secara langsung).

0 komentar :

Post a Comment