KIAT SUN TZU 2
Bandingkanlah kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan kompetitif
Perbandingan atribut bisa
dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan pembandingan kompetitif
langsung terhadap kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan, studi
komparatif terhadap prosesproses yang relevan dalam organisasi lainnya.
Studi komparatif adalah pengalaman belajar yang “tanpa sungkan-sungkan
mencuri” dari kawan maupun lawan.
Sementara tim pelaku
studi komparatif mengamati bahwa praktek-praktek baru yang sukses
ditempat lain dapat menjadi pemrakarsa perubahan yang berharga.
Sebuah teknik yang
disebut “berlomba sambil duduk” menawarkan peluang untuk membayangkan
perjalanan anda melalui berbagai hambatan menuju garis akhir sukses.
Idenya berasal dari para pelari yang “duduk” membayangkan diri berlomba
mengalahkan pesaing-pesaing mereka.
Penjabaran “Carilah Peluang-peluang Strategis”
Kembangkanlah strategi-strategi yang melampaui aturan-aturan konvensional
Peluang-peluang strategis
yang difokuskan secara eksternal : strategi awal Wal-Wart difokuskan
kepada kota-kota kecil. Kemudian melangkah ke kota-kota besar.
Peluang-peeluang
strategis yang difokuskan secara internal : di Monsanto, peluang
strategis internalnya adalah mengubah perusahaan kimia komoditi menjadi
perusahaan rekayasa genetika.
Label: pemasaran