We Are: Home | About Us | Contact | Site Map | Archieve

KIAT SUN TZU 22
Pengerahan Agen-Agen Rahasia
ATURAN-ATURAN STRATEGIS
• Berinvestasilah dalam sumber-sumber daya intelijensi
• Mantapkan sistem intelijensi tandingan
• Praktekanlah intelijensi tandingan
Tugas terbesar unit intelijensi manapun adalah mengorganisasikan serta menafsirkan informasi yang sudah tersedia. Ketidakpastian menyelimuti banyak persoalan yang menantang seorang manajer.
Penangkal ketidak pastian adalah informasi yang lebih relevan.
Kumpulkan semua data yang tersedia
Aturan pertama dalam pengumpulan data dinyatakan dalam peraturan pasukan Republik Rakyat Tiongkok:
Setiap komandan harus mengorganisasikan survei pendahuluan dalam wilayah kegiatan unitnya. Ia tidak boleh menunggu petunjuk dari atasannya, juga tidak boleh mengandalkan keputusan atasannya tentang apakah ia sebaiknya mengadakan survei pendahuluan atau tidak.
Penjabaran “Berinvestasi Dalam Sumber-sumber daya Intelijensi”
Informasi itu penting sekali demi kemenangan
Intelijensi yang akurat memungkinkan penggunaan sumber-sumber daya anda dengan lebih baik.
Informasi yang diperoleh mengurangi risiko sebab anda mempunyai data yang memberi anda peluang lebih baik.
Asumsi kunci intelijensi adalah bahwa suatu kesan terhadap apa yang belum dikenal dapat disatukan dengan mempelajari apa yang sudah dikenal. Strategi yang baik membutuhkan asumsi-asumsi yang baik, dan asumsi yang baik adalah produk intelijensi yang baik.
Mengumpulkan pengetahuan adalah proses umpan balik yang dinamis dan berkesinambungan.
Anda harus mengenal lawan anda dan memahami kekuatan dan kelemahannya. Anda harus memahami segala yang mungkin tentang pasar yang sekarang maupun pasar yang akan datang untuk produk anda, jasa anda, atau ide anda.
Penjabaran “Mantapkanlah Sistim Intelijensi yang Aktif”
Mantapkanlah metodologi untuk memproses informasi
Organisasikan Arus Informasi Anda
Proses pengumpulan intelijensi adalah mengumpulkan dan menyaring. Salah satu keputusan kunci dalam memproses informasi adalah bagaimana caranya menyeleksi informasi yang masuk ke dalam setiap tingkatan manajemen.
Solusi yang paling hakiki adalah kombinasi dari:
• Struktur yang mengukur proses pengambilan keputusan organisasi.
• Informasi yang tersedia di semua tingkatan.
• Survei pendahuluan pribadi dipihak para pengambil keputusan di setiap tingkatan.

0 komentar :

Post a Comment