KIAT SUN TZU 5
Penempatan Kekuatan Militer
ATURAN-ATURAN STRATEGIS
• Jadilah tak terkalahkan
• Raihlah keunggulan strategis
• Gunakanlah informasi untuk memfokuskan sumber-sumber daya
Prinsip
dasar dalam bisnis, agar suatu taktik berhasil, terlebih dahulu
strateginya harus benar. Strateginya harus benar dulu; anda harus
melakukan hal yang benar. Maka taktiknya bisa mendukung strateginya
dengan melakukan segalanya dengan benar.
Penjabaran “Jadilah Tak Terkalahkan”
Bangunlah kekuatan-kekuatan yang dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada
“Kalau kita masing-masing
merekrut orang yang lebih kecil dari pada kita sendiri, kita akan
menjadi perusahaan kurcaci; tetapi kalau kita masing-masing merekrut
orang yang lebih besar dari pada kita sendiri, kita menjadi akan menjadi
organisasi yang besar”.
Kepemimpinan pribadi
adalah dimana “seni” mengambil alih kendali terhadap penerapan “ilmu
pengetahuan”. Sukses yang paling hakiki dari sebuah organisasi adalah
tergantung kepada inspirasi serta kepemimpinan eksekutif tingkat tinggi.
Kets de Vries dalam Life
and Death in the Executive Fast Lane: “Gagalnya Direktur Utama itu
jarang sekali disebabkan oleh kurangnya informasi tentang teknik-teknik
mutakhir dalam pemasaran, keuangan, atau produksi; melainkan akibat dari
kurangnya keterampilan antar pribadi, kegagalan untuk membangkitkan
yang terbaik dari orang-orang yang mempunyai informasi yang diperlukan”.
“Kemampuan belajar lebih
cepat dari pada pesaing-pesaing anda mungkin saja segera menjadi
satusatunya keunggulan kompetitif yang berkelanjutan”, kata Arie De
Geus, kepala perencanaan di Royal Dutch Shell.
Penjabaran “Raihlah Keunggulan Strategis”
Strategi yang sukses meraih kemenangan sebelum bertempur
“Khol’s itu menggabungkan
struktur biaya toko diskon dengan merek toserba. Ia ditunggangi kedua
dunia itu dan mengambil pangsa pasar dari keduanya”.
Peluang untuk meraih keunggulan strategis bisa ditemukan dalam:
Ø Produk atau jasa yang
demikian unik dan demikian hati-hati diarahkan pada target pasar secara
tepat sehingga tidak menghadapi persaingan.
Ø Ide yang demikian seksama diriset terlebih dahulu dan divalidasikan sehingga tidak ada ide lain yang tampaknya layak.
Penjabaran “Gunakanlah Informasi Untuk Memfokuskan Sumber-sumber Daya”
Gunakanlah data untuk merencanakan keunggulan-keunggulan luar biasa
Masukan pelanggan merupakan komponen penting dalam sistem pengukuran prestasi organisasi.
Label: pemasaran