KIAT SUN TZU 11
Penyesatan selalu diarahkan kepada pesaing-tidak pernah diarahkan kepada pelanggan
Dalam bisnis, penyesatan itu dipraktekan untuk membingungkan pesaing-tidak pernah untuk membingungkan pelanggan.
Pendekatan penyesatan dalam bernegosiasi adalah tampak kecewa karena kehilangan peluang.
Kerahasiaan juga bisa
menjadi sarana untuk menyesatkan. Satu-satunya hal yang lebih baik dari
pada membuat lawan anda tidak mengetahui apa yang sedang anda perbuat
adalah membuatnya menyangka bahwa anda sedang merencanakan untuk berbuat
sesuatu yang sama sekali berbeda dari apa yang sesungguhnya ingin anda
perbuat.
Penjabaran “Kembangkanlah Komunikasi Internal yang Efektif”
Terapkanlah cara-cara, untuk memastikan pesannya diterima dan dipahami
Perubahan dalam perilaku
pada tingkatan manajemen mengakibatkan perubahan perilaku pada karyawan
barisan depan. Perilaku adalah suatu bentuk komunikasi. Manajemen
sendiri haruslah mengamalkan apa yang mereka ajarkan.
Komunikasi internal yang
efektif terjadi hanya berkat rencana yang dirancang dengan baik. Rencana
ini diorganisasikan di seputar pemahaman bahwa semua pesan itu tidaklah
disampaikan dengan cara yang sama.
Penjabaran “Raihlah Keuntungan Mental”
Pahamilah faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi sumber daya manusia
Peluang meraih kemenangan
itu ditemukan dalam kapasitas mental sang pemimpin untuk mamadukan
strategi (perencanaan) dengan taktik (pelaksanaan). Secara eksternal,
keuntungan mental itu diraih lewat kejutan. Secara internal, ada
beberapa persoalan kunci yang mendasar bagi psikologi manajemen yang
baik:
Ø Sikap: cara pandang yang positif dan kepala dingin adalah landasan dari sikap yang baik.
Ø Moral: Napoleon mengatakan, “Moral dibanding fisik adalah tiga banding satu”.
Ø
Persoalan moral yang dibutuhkan dalam bisnis adalah keberanian moral
untuk mengambil keputusan yang tepat dan menindaklanjutinya.
Ø Fisik: jagalah kebugaran fisik anda dan pupuklah lingkungan bisnis yang sehat.
Ø Daya adaptasi terhadap keadaan: tidak ada rencana yang dapat meramalkan jauh.
Ø Imbalan: motivator internal mencakup pembagian keuntungan, pembagian kemuliaan, dan ketenaran.
Label: pemasaran