KIAT SUN TZU 17
Setiap eksekutif
menghadapi keputusan tentang di mana dan bagaimana sebaiknya ia
mengerahkan enerji dalam dua bidang utama: bidang politik dan prestasi
tugas yang dibebankan kepadanya.
Halberstam menjelaskan
suatu tipe ketidakfungsian dalam uraiannya tentang konflik di Ford Motor
Company dalam bukunya, The Reckoning:
Kekuasaan orang bagian
keuangan yang semakin besar membuat orang-orang kreatif semakin rentan
dibandingkan yang sudah-sudah. Sebab orang-orang kreatif itu selalu,
seberapa baikpun mereka, membuat kesalahan. Tidak ada orang bagian
produksi yang sempurna; untuk setiap model yang sukses, ada modelmodel
yang paling baik dilupakan. Sebaliknya, orang-orang bagian keuangan itu
hati-hati. Mereka tidak pernah diidentifikasikan dengan produk tertentu.
Mereka tidak pernah harus menciptakan apapun. Dalam rapat-rapat mereka
menyerang tetapi tidak pernah harus bertahan, sementara orang-orang
bagian produksi selalu bertahan dan tidak pernah dapat menyerang.
Dalam menentukan di mana
kita harus bertempur secara eksternal, arahkanlah orientasi anda agar
terfokus kepada keefektivan. Anda tidak mungkin kuat dimana-mana; anda
harus menentukan di mana anda akan mengerahkan upaya utama anda lalu
menggunakan disiplin yang mengalokasikan sumber daya, secara langsung
maupun tidak langsung, untuk mendukung upaya utama tersebut.
Pengujian pasar
menentukan apakah sebaiknya anda lakukan serangan besar-besaran. Tujuan
utama anda dalam suatu pengujian adalah untuk menentukan apakah
konsepnya efektif atau tidak. Kita perlu efisien tetapi bukan dengan
mengorbankan sumber daya yang dibutuhkan untuk meraih sukses.
Penjabaran “Kenalilah Diri Sendiri; Kenalilah Lawan Anda”
Kenalilah kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan musuh anda
Komunikasi menjadikan dunia semakin kecil dan pesaing-pesaing dunia lebih mempunyai informasi.
Awaslah terhadap pemasok
yang memberitahu anda segalanya tentang pesaing anda sebab ia juga
memberitahu pesaing anda tentang anda.
Mereka biasanya akan
meniru gaya organisasi mereka yang sebelumnya. Mengetahui gaya pribadi
para pesaing sangat mudah. Mengetahui diri sendirilah yang sulit.
Penelaahan diri terjadi di tiga bidang: fisik, intelektual, dan
motivasi.
Label: pemasaran